Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menguasai Teknik Bending Harmonika

Cara Mudah Teknik Bending Harmonika


Oke guys sekarang gue akan memperkenalkan teknik bending dalam bermain harmonika,
Apa itu Bending ?

               Bending adalah menurunkan nada, dan setiap lubang memiliki ketentuan sendiri mengenai bending. Contohnya lubang 4 dapat di bending setengah nada (1/2) dengan dihirup dengan cara tertentu, lalu lubang 3 dapat dibending satu setengah nada (1 1/2), dan lubang 8  dapat dibending setengah nada (1/2) tapi dengan cara ditiup dengan cara tertentu.

            Bending menjadi salah satu teknik yang paling sulit untuk dikuasai, sebab membending bisa  menghasilkan suara blues yang ada pada harmonika.
Begitu juga dengan merek harmonika sangat berperan dalam penguasaan teknik bending, contoh merek yang mudah dibending antara lain Suzuki Harpmaster, Hohner Special 20, Hohner Golden Melody, Lee Oskar, dan harmonika mahal yang lain.

            Nah sekarang saya akan menjelaskan teknik bending dengan cara yang sederhana, jika kamu bisa bersiul coba bersiul menirukan sirine ambulans (IUIUIUIU) lalu bayangkan kalo harmonika sebagai bagian tambahan mulut, lalu terapkan teknik ini untuk lubang 8,9,dan 10 karena lubang 8,9, dan 10 dibending dengan cara ditiup dengan tekanan dan arah udara yang berbeda. Nah hal ini juga berlaku jika kamu bisa menurunkan nada (Bending) lubang 1 sampai 6 dengan cara menghirup.

Dan untuk bisa memastikan kalo kita sudah menguasai teknik bending, silahkan download aplikasi Bendometer dengan mikrofon eksternal maupun mikrofon built in karena aplikasi ini akan mendeteksi apakah teknik bendingmu sudah akurat atau belum.


Selamat Mencoba Guys :-)