Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar & Cara Memainkan Harmonika


Apa itu harmonika ?
Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara.

Jenis - jenis Harmonika:

1. DIATONIK atau lebih dikenal dengan nama Blues Harp.


Harmonika ini memiliki ciri fisik yang terdiri dari 10 lobang, yang berarti memiliki 2 1/2 oktav. Harmonika jenis ini bisa diaminkan baik untuk solo ataupun instrument pengiring. Biasa digunakan pada musik Blues, Folk, dan Country. Memiliki susunan nada Ritcher-Tuned, harmonika ini memang lebih dikhususkan unteuk memainkan musik Blues. Tetapi seiring bertambahnya waktu, dengan adanya custom tuning maka diatonik juga mampu menyentuh Reggae, Pop, bahkan Jazz. Dengan adanya Ritcher-Tuned maka harmonika jenis ini datang dengan berbagai macam kunci mulai dari C-B. Yang membuat berbeda dari masing-masing kunci adalah susunan notasi pada lobang yang ada. Misal harmonika diatonik kunci C akan seperti berikut C d E g G b C d E f G a C b E d G f C a maka harmonika diatonik dengan kunci F akan berubah menjadi F g A c C e F bb A d C e F g A bb C d F.  (huruf kapital adalah tiup, dan non-kapital adalah sedot.)

2. KROMATIK

Harmonika ini yang paling menonjol adalah adanya tombol di sebelah kanan yang berfungsi untuk menaikan nada yang ada. Berfungsi untuk menaikan nada pada lobang yang ada. Biasanya harmonika jenis ini hanya datang dengan kunci C yang berarti memiliki susunan notasi pada saat tombol slider tidak ditekan sebagai berikut C d E f G a C b C d E f G a C b C d E f G a C b dan akan menjadi C# eb F f# Ab bb C# c C# eb F f# Ab bb C# c C# eb F f# Ab bb C# c apabila tombol slider kita tekan. Atau dalam kata lain tanpa slide kita memainkan tuts putih pada piano dan tuts hitam dengan menekannya kecuali pada lobang nomer 2, 6, dan 10 tiup dan 4, 8, dan 12 sedot. Karena memiliki suara yang terbilang lembut dan merdu, harmonika jenis ini pada awalnya digunakan untuk memainkan solo pada musik Classic dan Swing Jazz. Tapi seiring bertambahnya waktu, kini harmonika jenis ini juga dimainkan untuk jenis Pop, Irish, Tanggo, dan juga Blues.

3. TREMOLO/ECHO/OCTAVE

Harmonika ini yang paling mudah yang bisa kita ketahui adalah memiliki lubang berjajar atas bawah dan biasanya lebih dari 15 lobang. Harmonika jenis ini pada umumnya datang dengan kunci C, G, dan F, dan memiliki karakter suara seperti gitar 12 senar. Fungsi awalnya adalah sebagai instrument pengisi ruang kosong pada sebuah lagu, dan sedikit solo. Harmonika jenis ini memiliki susunan nada yang berbeda-beda hampir menyerupai diatonik tetapi lebih kompleks. Patern nada dari harmonika ini tidak pasti, tergantung dari merek dan jumlah lobang. Pada umumnya harmonika jenis ini digunakan untuk memainkan musik jenis Bluegrass, Irish, Folk, dan Celtic.


4. CHORD

Harmonika jenis ini berfungsi sebagai rythm chord. Mampu memainkan 48 chrod yang ada baik major, seventh, minor, augmented dan diminished.




Itulah sedikit penjelasan tentang pengalaman saya bermain harmonika, untuk lebih lanjutnya cermati kumpulan lagu Tab & Not harmonika diatas.



SELAMAT MENCOBA